Jumat, 20 Mei 2016

Asal Mula Topeng Anonymous( Guy Fawkes)


Siapa yang tidak tahu Anonymous, anak-anak,remaja,sampai orang dewasa tahu bagaimana itu anonymous walaupun sebagian dari mereka hanya tahu Anonymous adalah sebuah topeng. Bisa dibilang mereka hanya mengikut tren saja tanpa tahu apa itu Anonymous.Bagi sobat yang sering berkeliaran di dunia maya, atau coba-coba menghack sesuatu, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘’Anonymous’’. Di Indonesia istilah Anonymous mulai tenar pada tahun 2010, dimana pada saat itu Sekelompok hactvisme yang mengaku dirinya Anonymous berhasil melakukan penyerangan terhadap Playstation Network, belum jelas aksi apa yang dilakukannya. Banyak orang yang menyebutkan bahwa Anonymous adalah Hacktvisme yang beranggotakan Hacker-hacker dan Craker-craker yang sangat ahli dalam urusan Hack.


Siapa Guy Fawkes?




Guy Fawkes adalah seorang ekstimis katolik di inggris (Inggris mayoritas protestan), Kisah heroik Guy Fawkes dimulai dari ekspresi kekecewaan pada kerajaan. Masyarakat Katolik yang mendapat perlakuan tidak adil dari Raja James I dan Guy Fawkesingin meledakan gedung parlemen sebagai balas dendam terhadap petinggi-petinggi Protestan yang jahat dan keji pada saat itu.

Guy Fawkes bersama teman-temannya kurang lebih berjumlah30 orang dengan membawa 30kg mesiu pada tanggal 5 November 1605 dikota London, mereka mencoba untuk meledakan gedung parlemen Inggris untuk membunuh James I yang dianggap paling bertanggung jawab atas penderitaan kaum Katolik. Aksi GuyFawkes keburu diketahui. Guy Fawkes lalu dipenjara dan dihukum mati.


Apa kaitan Topeng Guy Fawkes dengan Anonymous?


Guy Fawkes bukan anggota dari Anonymous. Menurut  hasil pencarian mbah Google, alasan yang paling mendukung mengapa Anonymous menggunakan topeng Guy Fawkes yaitu terinspirasi dari film yang berjudul ‘’V for Vendetta’’. Film ‘’V for Vendetta’’ menceritakan tentang seorang yang yang melakukan perlawanan terhadap pemerintah Inggirs yang telah membuat masyarakat tidak berdaya. Dalam film ini, tokoh V mengenakan Topeng yang di ambil dari facenya Guy Fawkes, mungkin karena Guy Fawkes yang juga merupakan tokoh yang melakukan perlawanan terhadap pemerintah inggirs, sehingga tokoh V disamakan dengan Guy Fawkes. Mungkin saja tujuan Tokoh V dan Guy Fawkes yang sama dengan tujuan Anonymous, yaitu sama-sama menentang sistem pemerintahan yang mengekang kebebasan, maka Anonymous menggunakan Topeng Guy Fawkes sebagai simbol mereka. Besar kemungkian itulah alasan Anonymous menggunakan Topeng GuyFawkes.

Nah.. Sekian dulu postingan sederhana dari saya. Semoga bermamfaat.

1 komentar:

  1. baca juga tentang Asal-Usul Topeng Anonymous secara lengkap di sini http://www.kabarlucu.com/2016/11/asal-usul-topeng-anonymous.html

    BalasHapus